Hal-Hal Membuat Lensa Kamera Digital Tidak Mudah Berjamur

Hal-Hal Membuat Lensa Kamera Digital Tidak Mudah Berjamur. Lensa kamera digital adalah salah satu bagian terpenting yang ada pada kamera. Pasalnya lensa sendiri bisa menghasilkan gambar yang berkualitas serta video terlihat jelas ataupun jernih.

Jika diingat kembali, lensa kamera mempunyai sensitivitas tinggi sehingga membutuhkan treatment yang khusus dalam perawatannya. Dalam hal ini supaya lensa kamera bisa awet serta terhindar dari jamur yang mengakibatkan kerusakan ketika digunakan.

Jamur menjadi musuh terbesar untuk lensa kamera, sebab bila sudah terkena jamur umumnya lensa tidak dapat berfungsi dengan benar kembali. Saat ini terdapat hal yang dapat dilakukan untuk membuat lensa kamera awet serta terbebas dari jamur sehingga nyaman untuk aktivitas fotografi maupun videografi.

Simak berikut ini beberapa hal yang dimaksud dalam merawat lensa kamera agar awet dan tidak gampang berjamur.

Hal-Hal Membuat Lensa Kamera Digital Tidak Mudah Berjamur

Beberapa Hal untuk Merawat Lensa Kamera Digital

Hal-Hal Membuat Lensa Kamera Digital Tidak Mudah Berjamur. Perawatan lensa kamera menjadi hal terpenting yang perlu diketahui oleh fotografer. Adapun tujuannya supaya lensa camdig tidak mudah berjamur serta awet. Meskipun, masih banyak pemilik kamera yang abaikan dalam hal ini. Bahkan seringkali sembarangan dalam membersihkan lensa kamera.

Merawat lensa kamera memerlukan kehati-hatian agar memperoleh hasil maksimal serta tidak mudah rusak. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal untuk merawat lensa kamera digital yang tepat.

Tidak Menyimpan Lensa Pada Tempat Lembab

Pemilik kamera perlu menyimpan lensa kamera pada tempat kering serta menghindari penyimpanan pada tempat yang lembab.

Hal ini dikarenakan jamur mudah berkembang saat ada di tempat yang lembab. Pemilik kamera digital dapat memakai silica gel jika terpaksa menyimpan lensa pada tempat risiko lembab atau tidak begitu kering. Fungsi silicia gel ini ampuh dalam menyerap kelembaban pada udara di area penyimpanan lensa.

Tidak hanya itu saja, pemilik juga dapat memakai teh sachet untuk menyerap kelembapan saat menyimpan lensa dalam tas. Dengan demikian, lensa kamera akan awet serta terhindar dari hal-hal yang dapat membuat fungsinya menjadi tidak maksimal.

Memperhatikan Tempat Penyimpanan

Langkah sederhana akan tetapi menjadi poin penting dalam merawat lensa kamera supaya awet yaitu bagaimana cara menyimpannya. Nantinya, pengguna perlu memperhatikan secara baik saat akan menyimpan lensa. Mulai dari beberapa posisi, suhu ruangan dan lain sebagainya.

Menyimpan lensa bisa menggunakan dry box kedap udara atau dry cabinet yang bersih supaya mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih baik. Apabila akan dibawa untuk bepergian, lebih baik memakai tas supaya lensa terlindungi dari air, debu maupun benturan.

Tidak hanya itu saja, hal itu juga untuk menjaga supaya lensa serta komponen kamera lainnya tidak berceceran serta tetap dalam keadaan yang aman terkendali.

Membersihkan Lensa Secara Rutin

Langkah berikut ini termasuk untuk membuat lensa kamera digital terhindar dari jamur serta awet yaitu selalu menjaga kebersihannya. Pemilik harus membersihkan lensa kamera dengan rutin supaya terjaga kualitasnya. Hanya saja, ketika membersihkannya terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan atau tidak sembarangan dalam membersihkan lensa tersebut.

Nantinya pemilik memerlukan alat serta cairan pembersih khusus atau disebut dengan Lens Cleaning Kit. Hal ini bertujuan supaya terhindar dari risiko ketika pembersihan dilakukan.

Pengguna juga dapat memakai blower khusus saat membersihkan lensa dari debu atau kelembapan lainnya. Bahkan dalam memakai cairan khusus yang di tuangkan ke kain micro fiber dengan serat halus maka tidak akan merusak lensa pada kamera digital. Untuk catatan saja, tidak boleh menuangkan cairan pembersih secara langsung pada lensa maupun memakai kain sembarangan.

Tidak Meniup dan Menyentuh Sensor Kamera

Jangan pernah tiup kamera dan menyentuh sensor lensa kamera digital menjadi hal yang sangat dilarang. Kaca sensor lensa yang tersentuh bisa membekas sidik jari serta membawa partikel kotoran atau debu. Tidak hanya itu saja, meniup lensa dilarang sebab udara yang berhembus akan membawa air liur serta bisa menempelkan debu pada lensa. Akibatnya, pemilik tidak dapat membuat lensa kamera menjadi awet maupun bertahan lama ketika digunakan untuk berfoto nantinya.

Melepas Lensa dari Kamera Apabila Tidak Dipakai

Apabila kamera sudah tidak digunakan sebaiknya seluruh bagiannya dilepas serta disimpan dengan baik. Pada kamera DSLR yang terpenting lepaskan bagian kamera seperti lensa, baterai, sampai dengan memory card.

Tidak hanya itu saja, pada lensa kamera setelah dilepas dapat ditutup secara langsung memakai penutup lensa. Apabila sudah, simpan lensa pada tempat yang aman.

Memasang UV Filter

UV Filter merupakan filter transparan yang letaknya ada di depan lensa. Tujuannya untuk melindungi lensa dari goresan, debu, serta sinar ultraviolet yang mana bisa berpengaruh pada kualitas dari gambar.

Memasang UV Filter bisa menjadi langkah dalam melindungi lensa dari bahaya fisik. Pastikan juga untuk memilih UV Filter dengan kualitas terbaik tidak akan mengurangi kualitas dari gambar.

Memilih Cara Merawat Lensa Kamera yang Paling Tepat

Dari banyaknya hal-hal yang telah disebutkan di atas, maka pengguna atau pemilik kamera bisa menerapkan itu semua. Nantinya, lensa kamera akan awet dan terhindar dari serangan jamur.

Hal itu juga akan membuat kualitas gambar maupun video dari lensa kamera digital yang dihasilkan tetap maksimal. Pastikan selalu menjaga atau merawat lensa dengan benar dan tepat. Jika merawat lensa kamera dengan tidak tepat atau benar, tentu berisiko membuatnya tidak awet. Bahkan akan terkena serangan jamur, sehingga kamera tidak bisa bekerja secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *