Tips Merawat Lensa Kamera Digital dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Lensa Kamera Digital dengan Baik dan Benar. Lensa kamera digital memiliki peranan yang paling penting dalam sistem kerja kamera. Dewasa ini, kamera digital merupakan suatu hal yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari, dengan segala manfaatnya.

Tidak hanya digunakan untuk menyalurkan hobi fotografi saja, melainkan juga bisa menjadi sebuah perangkat wajib dalam berbagai kebutuhan pekerjaan secara profesional. Tips Merawat Lensa Kamera Digital dengan Baik dan Benar. Dalam hal ini, poin penting yang wajib kita perhatikan adalah kondisi pada lensa kamera.

Tidak dapat dipungkiri bahwa lensa kamera akan menentukan hasil jepretan gambar yang kita tangkap menggunakan kamera tersebut. Sehingga apabila tidak mendapatkan perawatan terbaik dan berkala, beberapa kendala bisa mempengaruhi kinerja pada lensa tersebut. Misalnya permukaan lensa yang rusak dan mengakibatkan hasil gambar menjadi blur dan tidak lagi estetik..

Tips Merawat Lensa Kamera Digital dengan Baik dan Benar

Tutorial Merawat Lensa Kamera Digital agar Tidak Mudah Blur

Kamera digital merupakan peralatan elektronik dengan berbagai fungsi penting yang mampu menunjang beberapa profesi pekerjaan. Dewasa ini, telah tersedia berbagai macam perangkat kamera dengan tipe dan spesifikasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan. Sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, kamera digital memerlukan perawatan prima secara detail dan berkala.

Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya berbagai macam kondisi yang jika tidak teratasi dengan baik, akan menyebabkan kamera tidak dapat menghasilkan gambar sesuai dengan kinerjanya. Beberapa kondisi seperti lensa yang blur, berjamur, atau tergores adalah masalah umum yang sebaiknya kita hindari.

Sebelum mengetahui cara tepat membersihkan lensa secara berkala, berikut ini berbagai hal yang bisa memicu timbulnya permasalahan pada lensa kamera Anda.

1. Membiarkan Lensa dalam Kondisi yang Kotor dalam Waktu Lama

Pernahkan kita mencoba mengambil objek gambar suatu benda dan mendapati hasil jepretannya tidak sesuai dengan ekspektasi? Jika iya, maka ada suatu masalah yang timbul.

Salah satu penyebab terjadinya kondisi ini adalah kotoran hingga sidik jari yang tidak dibersihkan dan berada di sekitar permukaan lensa. Partikel seperti debu, minyak, hingga bekas sentuhan jari tangan akan menyebabkan cahaya pada lensa tidak sempurna dan menghasilkan gambar yang buram.

2. Lensa Bergoyang atau Bergetar Saat Mengambil Gambar

Agar lensa kamera digital dapat bekerja dengan baik, tentu kita wajib mengetahui tutorial mengambil gambar yang tepat. Salah satu pemicu hasil gambar yang blur dan tidak stabil, pada umumnya terjadi karena pada saat proses pengambilan gambar dilakukan secara tidak profesional.

Seorang fotografer wajib memastikan mencari angle yang tepat dan menyelaraskan titik fokus kamera yang sesuai. Hal itu juga harus dibarengi dengan meminimalisir getaran ataupun gerakan lainnya pada kamera. Ini dapat mencegah hasil gambar menjadi buram, dan tidak jelas.

3. Pencahayaannya Kurang Baik

Penyebab yang membuat hasil foto menjadi buram terjadi karena adanya pemilihan lokasi dengan tingkat pencahayaan yang rendah. Pencahayaan yang kurang ini, akan mengakibatkan pengaturan shutter speed menjadi lebih lambat, sehingga kualitas gambar akan menurun.

Cara Merawat Lensa Kamera dan Komponen Kamera agar Lebih Awet

Berbagai langkah sederhana dapat kita lakukan untuk mencegah timbulnya kerusakan pada lensa kamera digital maupun keseluruhan bagian perangkat kamera dengan cepat. Cara sederhana ini, juga dapat memperpanjang usia kamera sekaligus mencegah penurunan kualitas performa yang ada.

Deretan tutorial merawat lensa kamera ini, bisa kita ketahui bersama di ulasan berikut.

1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Kamera

Pertimbangan suhu ruangan hingga posisi peletakan kamera akan menjadi hal utama yang mampu mempertahankan kualitas perangkat ini. Jangan menyimpannya pada ruangan dengan sirkulasi udara kurang ataupun lembab. Juga tidak disarankan kamera berada di tempat yang panas.

Usahakan untuk meletakkannya di dalam dry box kedap udara atau yang sering kita sebut dengan dry cabinet. Pastikan tempatnya bersih untuk mendapatkan kualitas penyimpanan terbaik.

2. Hindari Tempat Penyimpanan yang Lembab

Agar performa kamera tidak berkurang, sebaiknya wajib memperhatikan tempat penyimpanan yang kering dan terdapat sirkulasi udara yang baik di dalamnya. Kamera yang berada di ruangan jauh lebih lembab akan mengalami kerusakan jauh lebih cepat karena berbagai hal.

Salah satunya yaitu jamur yang mudah berkembang pada lensa hingga permukaan kamera yang lembab. Akibatnya, lensa kamera digital akan menghasilkan gambar yang blur dan tidak estetik.

3. Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan kamera secara berkala dapat menjadi sesuatu yang penting dan tidak boleh ditinggalkan. Karena kebersihan kamera juga memiliki peran cukup penting untuk mengatasi lensa yang blur dan tidak dapat menangkap objek dengan baik.

Lakukan penjadwalan pembersihan secara rutin dengan peralatan yang aman dan sesuai. Hindari membersihkan lensa menggunakan kain berbahan kasar untuk mencegah timbulnya goresan pada permukaannya.

4. Lepas Lensa Kamera Setelah Menggunakannya

Melepaskan lensa dan komponen lainnya pada kamera seperti baterai hingga memory card, bertujuan agar komponen tetap terjaga dengan baik. Pelepasan ini juga mampu memperpanjang usia kamera sehingga lebih awet dan tahan lama.

Usahakan untuk langsung menutup lensa dengan lens hood sesegera mungkin setelah dilepas dari perangkat kamera. Hal ini bertujuan untuk mencegah debu atau partikel kecil lainnya yang masih kemudian menempel ke dalam sensor. Simpan lensa pada tempat paling aman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian tadi beberapa tips dan tutorial merawat lensa kamera digital serta mencegah penurunan kualitas hasil gambar yang terjadi. Kondisi lensa yang blur dapat menjadi pemicu hasil foto yang tidak jelas dan tidak sesuai. Proses penyimpanan dan pembersihan adalah tutorial singkat merawat kamera supaya dapat bertahan lama. Penggunaan yang sembarangan dan tidak mempertimbangkan perawatan setiap komponennya akan memperpendek usia kamera dengan cara menurunkan performa kinerjanya. Sebelum itu terjadi, ada baiknya untuk menerapkan berbagai tutorial di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *